top of page

Anak-anak Panti Main Tubing DI Hulu Cisadane

Assalamualaikum wr wb sahabat wisata panti.....alhamdulillah Komunitas Wisata Panti kembali dapat mengejaka anak-anak panti bergembira dan belajar melalui kegiatan Wisata Panti Berwisata, sejatinya sebelum pandemi kegiatan wisata ini dilakukan setiap bulan oleh Komunitas Wisata Panti dengan mengajak adik-adik panti yang berbeda-beda mengunjungi destinasi wisata yang memiliki nilai-nilai edukasi, namun semenjak merebaknya pandemi Covid 19 kegiatan ini otomatis terhenti.


Alhamdulillah pada pertengahan April 2022 Komunitas Wisata Panti mengajak adik-adik panti dari asrama Griya Yatim & Dhafa (GYD) cabang Cibubur untuk berwisata dan belajar dari alam melalui kegaitan bertajuk Camping Ceria Bersama Adik Panti yang berlokasi di desa wisata Watesjaya , Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 23-24 April 2022 dengan mengajak sekitar 20 anak-anak panti.


Keseruan berlangsung sejak hari pertama adik-adik panti tiba, rekan-rekan Pokdarwis Desa Wisata Watesjaya dengan sigap mendirikan tenda dan mengarahkan adik-adik untuk menempati tendanya masing-masing, memang kegiatan kali ini bertema alam untuk selalu mengingatkan kepada seluruh peserta agar senantiasa bersyukur atas nikmat sehat dan hidup yang telah Allah SWT berikan terutama ditengah kondisi pandemi Covid 19, selain itu dengan hidup dialam akan membuat tubuh menjadi sehat dan imunitas semakin meningkat.


Hari pertama diisi dengan kegiatan treking ke Curug Lengkong yang berjarak 30 menit berjalan kaki dengan menyusuri kali Cilengkong dan menerabas hutan yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Disini adik-adik belajar mengenai tanaman liar yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan tumbuh liar dikawasan hutan seperti kapulaga dan kopi, para ranger (sebutan tour guide yang mengawal treking) dengan ceria menjelaskan kepada adik-adik panti manfaat dari setiap tanaman liar yang ditemui sepanjang perjalanan. Selesai berfoto ria dan bermain air adik-adik panti kembali ke perkemahan dan lanjut bermain air di hulu sungai Cisadane yang airnya masih sangat bersih dan dingin. Seletah makan siang kegiatan dilanjutkan dengan tubing menyusuri aliran sungai Cisadane, dengan diawasi dan dikawal para ranger adik-adik lengkap dengan jaket pelampung dan helm duduk menggunakan ban dalam mobil dan mengikuti aliran sungai dari titik awal hingga finish di depan lokasi kemah. Kegiatan ini sangat efektif dalam membentuk keberanian serta melatih reflek motorik adik-adik panti karena arus sungai akan membawa ban terombang-ambing dan adik-adik panti harus menyeimbangkan agar tidak tersangkut bebatuan.


Malam harinya adik-adik makan nasi liwet dan membakar api unggun dilanjutkan dengan permainan mencari jejak, kakak-kakak relawan Wisata Panti mengkoordinir permainan ini dengan memberi petunjuk kepada adik-adik panti untuk memecahkan teka-teki yang diberikan kakak-kakak relawan. Kegiatan ini sangat baik untuk melatih keberanian dan kejelian anak-anak dalam memecahkan masalah.


Hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan wisata edukasi mengunjungi galeri seni bunga plastik Bu Dery yang masih berlokasi tidak jauh dari lokasi kemah, disini adik-adik panti diajarkan langsung oleh Bu Dery teknik dan cara membuat bunga plastik dari plastik bekas dan limbah-limbah plastik lainnya. Adik-adik sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan kemampuan yang diajarkan oleh bu Dery menjadi bekal mereka untuk di praktekkan di asrama.


Akhir dari kegiatan ini adik-adik dapat membawa hasil dari pelatihannya dan mendapatkan souvenir dari Bu Dery berupa rangkaian bunga plastik. Dengan berakhirnya kegiatan pelatihan ini maka berakhir pula seluruh kegiatan Wisata Panti berwisata dan adik-adik panti kembali ke asrama dengan riang gembira. Tak lupa Komunitas Wisata Panti mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan kali ini dan semoga semua bantuan yang diberikan donatur dibalas dengan pahala dan rezeki yang berlipat ganda oleh Allah SWT.Untuk melihat keseruannya cekidot link youtube dibawah ini




10 views0 comments

Comments


bottom of page